Kesehatan
3 Efek Negatif Jika Telat Ganti Popok Si Kecil

3 Efek Negatif Jika Telat Ganti Popok Si Kecil

Siapa bilang merawat bayi itu mudah? Diperlukan kesabaran dan ketelatenan agar si kecil dapat tumbuh serta berkembang dengan baik secara fisik maupun mental. Kebutuhan bayi juga tidak sedikit. Oleh sebab itu, diskon popok spesial dan promo perlengkapan bayi lainnya akan sangat membantu ayah bunda memenuhi kebutuhan si kecil dengan biaya lebih ringan.

Salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dan tidak bisa ditinggalkan adalah popok bayi. Setiap bayi membutuhkan popok, baik yang kain maupun sekali pakai. Kepraktisan yang ditawarkan popok sekali pakai membuat produk ini banyak digunakan masyarakat perkotaan. Akan tetapi, juga ada efek negatif jika penggunaannya tidak tepat. Terlambat mengganti popok salah satu tindakan yang bisa berefek negatif.

Efek Negatif Telah Ganti Popok Si Kecil

Mengganti popok si kecil memang harus dilakukan rutin. Misalnya untuk popok kain hanya dapat bertahan 2-3 jam saja. Kalau popok sekali pakai bisa dipakai hingga 12 jam untuk merek tertentu. Namun, tidak disarankan untuk penggunaan selama waktu tersebut. Sebaiknya, ganti popok jika sudah dipakai lebih dari 6 jam atau jika si kecil sudah buang air besar.

Ada saja orangtua yang lalai dalam mengganti popok anak, karena kesibukan atau memang kurang perhatian. Hal ini harus dihindari, sebab jika digunakan dalam waktu terlalu panjang popok bisa berbahaya bagi si kecil. Beberapa efek negatif yang bisa muncul di antaranya:

1.     Muncul Kemerahan yang Dikenal dengan Ruam Popok

Umumnya jika popok yang digunakan oleh si kecil sudah terlalu lama dan sering, tak jarang akan muncul kemerahan yang kita kenal dengan masalah ruam popok. Popok yang basah akan menyebabkan kulit bayi muncul tanda kemerahan yang diikuti gatal. Hal ini akan membuat si kecil rewel, apalagi jika sampai membengkak.

Air kencing dan feses akan membahayakan kulit bayi jika dibiarkan terlalu lama. Sebaiknya, segera ganti popok setelah si kecil buang air besar atau jika popok penuh walaupun belum masuk minimal jam penggunaan.

2.     Eksim Susu

Penggunaan popok yang terlalu lama juga dapat menyebabkan eksim susu atau dermatitis atopik. Penyakit satu ini ditandai dengan radang kulit yang parah ditambah gatal dan bintik kemerahan. Usia 0-24 bulan sangat rentan mengalami hal ini.

Eksim susu mengakibatkan kulit menebal, kehitaman, kering, dan bersisik. Jadi, ketika mendapatkan diskon popok spesial Anda juga tetap harus pilih-pilih produknya. Pilih yang sudah memiliki lisensi keamanan penggunaan.

3.     Infeksi Saluran Kemih

Masalah yang paling berbahaya dari kelalaian orangtua mengganti popok tepat waktu adalah kemunculan infeksi saluran kemih. Penggantian popok sesuai jadwal akan membantu menghindarkan anak dari penyakit yang dapat berbahaya apabila tidak ditangani sejak dini ini.

 

Jadi, mulai sekarang Anda harus mengganti popok si kecil dengan teratur. Jangan lupa untuk membeli produk popok terbaik dan aman di toko online perlengkapan bayi terpercaya. Selain terjamin kualitasnya, Anda juga akan mendapatkan diskon popok spesial sehingga menghemat pengeluaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *