Otomotif
4 Cara Mengecek Dinamo Starter Mobil yang Bermasalah

4 Cara Mengecek Dinamo Starter Mobil yang Bermasalah

Dinamo menjadi sebuah komponen yang penting dalam sebuah mobil. Jika bermasalah, tentu saja mobil tidak akan bisa nyala. Sistem starter akan mati karena sistem perapian tidak berfungsi saat itu juga. Inilah beberapa cara mengecek dinamo starter mobil ketika bermasalah.

Periksa Soket Otomatis

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengecek dinamo starter mobil adalah dengan mengecek soket otomatis. Biasanya soket ini terdapat di dalam dinamo starter. Cek bagian kabel kecil yang tersambung ke soket dan dinamo starter.

Saat memeriksa dan kondisinya memang putus, lakukan perbaikan dengan menyambungnya. Namun jika kabel dalam kondisi baik, biasanya yang bermasalah ada ada sekringnya. Jika ada tanda bunyi klek saat menyalakan mobil, sudah bisa dipastikan jika soket otomatisnya ada masalah.

Cek Klem pada Aki

Kemudian cara kedua adalah mengecek bagian aki. Bisa saja kelistrikan yang mengarah dari aki bermasalah sehingga dynamo akan sulit hidup ketika di starter. Cek pada bagian klem aki karena baut di dalamnya bisa saja terlalu longgar atau tidak menempel.

Buka kap mobil dan lihat kondisi klem aki pada terminal negatif dan positif apakah leaps atau tidak. Jika bermasalah atau rusak maka silahkan menjumper aki. Dorong mobil agar aki mobil terisi lagi.

Cek Kabel Aki

Penyebab kerusakan pada dinamo biasanya dari pengaruh masalah di kabel aki. Indikator tidak akan tersambung jika kabel dalam kondisi rusak. Silahkan membawa ke bengkel karena wajib dibongkar dan diganti jika sudah usang.

Longgar atau terputusnya kabel aki akan membuat kinerja dinamo mobil bermasalah. Jika memang sudah bermasalah lebih baik diganti. Kabel yang sudah bermasalah akan menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Jumper Aki Mobil

Berikutnya alternatife mengecek dinamo starter adalah melakukan jumper aki. Kelistrikan yang lemah akan membuat dinamo sulit di starter. Maka kamu memang wajib melihat kondisi kabel aki jika perlu jumper, supaya aliran listrik bisa normal kembali.

Lakukan pengecekan rutin ke bengkel supaya potensi kerusakan dinamo mobil bisa diminumkan. Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan sekaligus cara mengecek dinamo starter mobil secara sederhana.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *