LifeStyle
5 bagian Daging Sapi yang Perlu Kalian Ketahui

5 bagian Daging Sapi yang Perlu Kalian Ketahui

Di indonesia daging sapi adalah salah satu daging yang sangat populer, daging sapi ini permintaannya akan meningkat menjelang perayaan-perayaan besar seperti idul fitri dan idul adha. Banyak orang yang suka dengan daging sapi karena daging sapi ini tidak memiliki arma yang menyengat seperti daging kambing dan daging domba. Daging sapi ini bisa dijadikan berbagai macam olahan, di indonesia sendiri olahan daging sapi banyak yang populer dan merupakan makanan khas daerah tertentu, salah satunya yang pastinya sudah tidak asing untuk kalian adalah rendang. Sebelum kalian membeli daging sapi, sebaiknya kalian mengetahui bagian-bagian daging sapi terbaik yang bisa kalian jadikan sebagai olahan makanan. penasaran kan bagian mana bagian daging terbaik? langsung simak aja yuk!

Tenderloin atau has dalam

Untuk kalian yang ingin bagian daging sapi yang memiliki tejstur yang paling empuk, kalian bisa memilih bagian daging tenderloin atau has. Daging tenderloin ini pasti sering kalian dengan saat kalian memesan steak. Daging bagian has atau tenderloin ini merupakan daging pada bagian punggung sapi, daging bagian tenderloin ini adalah bagian daging yang paling empuk. Bukan hanya teksturnya saja yang empuk, tenderloin ini juga merupakan bagian yang tidak memiliki lemak. Jadi bagian tenderloin ini adaah bagian daging yang cocok untuk kalian yang sedang diet tetapi tetap harus memakan daging merah. Tenderloin bukan hanya cocok untuk diolah sebagai steak, tetapi tenderloin juga menjadi bagian yang cocok untuk dijadikan olahan daging sapi lain seperti ditumis dan bakar karena bagian tenderloin ini tidak memerlukan proses memasaknya yang lama.

Sirloin atau has luar

Jika kalian ini menikmati daging yang lembut tetapi berlemak, daging sirloin atau daging bagian has luar ini adalah pilihan yang sangat tepat untuk kalian. untuk soal rasa, bisa dikatakan bagian sirloin merupakan bagian daging yang lebih gurih karena adanya lapisan lemak. Bukan hanya dimasak menjadi steak, bagian daging sirloin juga sangat cocok dimasak di semur, di goreng dan di grill.

Oxtail atau buntut

Bagian ooxtail atau buntut sapi adalah bagian daging dengan tekstur yang lembut dan juga genial jika cara pengelahannnya dilakukan dengan benar. Tidak seperti bagian tenderloin dan sirloin. Di indonesia sendiri buntut sering dijadikan sebagai olahan makanan sop buntut, dalam sop buntut proses memasaknyapun cukup lama, proses memasak yang cukup lama ini dilakukan agar sop buntut memiliki rasa yang lebih gurih.

Topside atau gandik

Jika kalian ingin membuat olahan daging sapi berupa rendang, bagian gandik adalah bagian daging yang tepat untuk kaian. Gandik atau bagian topside ini merupakan bagian daring terluar pada bagian paha belakang sapi. Tekstur daging bagian belakang paha sapi ini memiliki tekstur yang padak dan sedikit berlemak. Olahan yang paling tepat untuk bagian daging gandik adalah dijadikan sebagai dendeng, empa dan rendang. Kelebihan dari daging ini adalah, daging ini sangat cocok untuk dilakukan pengolahan yang lama karena teksturnya yang padak sehingga daging tidak akan mudah hancur.

Rib atau Iga Sapi

Untuk kalian para pecinta iga bakar dan sop konro, kalian pasti sudah tidak asing dengan bagian iga. Iga atau rib eye sering diolah menjadi roasted beef ataupun steak. Daging iga dikenal memiliki lemak yang cukup tebal, sehingga rasa dan teksturnya lebih gurih dibandingkan daging sapi bagian sirloin atau bagian has luar.  Daging iga ini sangat cocok untuk diolah menjadi sup, konro, semur atau barbeque.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *