Otomotif

7 Perawatan Motor Kymco Kesayanganmu, Demi Performa Handal dan Siap Sedia Menemani Harimu

Kamu penggemar skuter matic? Merk pabrikan apa yang kamu punya? Apakah merk motor kymco yang sudah terparkir apik di teras rumahmu? Kalau iya, berarti kamu memang suka yang berbeda dengan yang lain. Motor kymco merupakan salah satu produsen skuter matic yang asalnya dari Taiwan, kembali mempunyai dealer resmi di Indonesia pada 3 tahun yang lalu dengan keunikan dan target pasar yang semakin matang. Motor kymco sudah mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya, dengan terbentuknya komunitas Kymco Indonesia Community membuktikan bahwa motor kymco mempunyai keunggulan-keunggulan serta kenyamanan yang membuat para penggunanya tetap setia dan bersatu mengadakan berbagai kegiatan dengan adanya kegiatan ini.

Motor kymco mempunyai variasi yang bermacam-mavam sesuai target pasarnya, mulai dari motor ukuran kecil hingga motor beroda 3. Mulai dari motor matic kymco racing king 150i, kymco new like 150i, kymco downtown 250i, kymco xciting 400i, dan berbagai motor kymco lainnya. Dari kisaran harga puluhan juta hingga ratusan juta. Motor kymco cocok apabila kamu gunakan untuk berbagai kondisi dijalan dari macet hingga perjalanan touring. Makanya banyak penggemar yang setia sama motor ini.

Perawatan motor kymco juga tergolong mudah, karena semacam dengan skuter matic lainnya, masalah yang sering dialami pun tidak jauh berbeda. Skuter matic seperti motor kymco harus rajin-rajin kamu manjakan apalagi dengan mengimbangi mobilitasmu yang sangat tinggi setiap harinya. Kalau kamu tidak rajin memanjakannya, bisa-bisa performanya akan mulai menurun loh seiring penggunaanmu yang intens loh. Basic-nya yang harus kamu lakukan adalah selalu memperhatikan jadwal pengecekan rutin. Kamu bisa datang ke bengkel resmi motor kymco karena pastinya disana sudah menyediakan ahli mekanik yang dengan mudah bisa tau perbaikan apa yang perlu dilakukan ke motor kymco kesayanganmu. Nah berikut ini 7 Perawatan Motor Kymco Kesayanganmu, Demi Performa Handal dan Siap Sedia Menemani Harimu:

Penggantian Oli Tepat Pada Jadwalnya

Penggantian oli pada motor kymco perlu kamu tepati jadwalnya, baik pergantian pada oli mesin maupun oli transmisi. Gunakan oli dengan viskositas atau derajat kekentalan yang sesuai. Biasanya motor kymco lama akan menggunakan oli 20W-40 atau 20W-50, sedangkan untuk motor kymco yang edisi atau variasi terbaru kamu perlu menggunakan pilihan oli 10W-40 bukan 10W-30. Semakin besar angka derajat kekentalan baik kiri maupun kanan maka semakin tinggi viskositas oli. Jadi jangan salah pilih yaa. Biasanya penggantian oli dilakukan setiap 1 atau 2 bulan sekali tergantung seringnya pemakaianmu. Kalau jarang kamu pakai, kamu bisa menggantinya 2 bulan sekali, tetapi jika kamu menggunakannya setiap hari dengan mobilitas yang tinggi maka akan lebih baik jika kamu menggantinya setiap 1000 km. Sedangkan untuk oli transmisinya, kamu cukup menggantinya ketika motor kymco-mu sudah mencapai 5000 km. Perlu kamu ketahui juga bahwa motor kymco yang kamu gunakan ini mempunyai penguapan mesin yang lebih besar apabila dibandingkan dengan motor produksi lain, misalnya jepang. Sehingga kamu perlu dan harus melakukan penggantian oli secara berkala.

Melakukan Pemanasan atau Penghidupan Motor Setiap Hari

Nah perawatan yang satu ini juga wajib rajin-rajin dilakukan pada motor kymco. Pasalnya, skuter matic yang kamu gunakan secara intens ini membutuhkan sistem pembakaran yang sempurna sebelum kamu mengendarainya di setiap harimu. Karena jika sistem pembakaran pada motor kymco tidak berjalan sempurna maka performa mesinnya akan cepat menurun. Oleh karena itu, lakukanlah pemanasan atau penghidupan mesin motor kymco selama 1 hingga 2 menit sebelum kamu mengendarainya. Namun apabila kamu jarang menggunakan motor kymco kesayanganmu itu, kamu cukup melakukan pemanasan mesin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Membersihkan CVT atau Sistem Transmisi Secara Rutin

Kamu harus juga rajin-rajin membersihkan sistem transmisi atau CVT pada motor kymco. Karena apabila kebersihan pada sistem transmisi tidak kamu perhatikan maka komponennya akan sangat tertutup debu serta kotoran lain sehingga kerja sistem transmisi akan terhambat dan performa tidak akan maksimal. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya jika motor kymco kesayanganmu apabila sudah mencapai 4000-5000 km.

Usahakan Mengendarai Dengan Kecepatan yang Konstan

Sudah barang tentu motor kymco kepunyaanmu pasti mempunyai percepatan yang sangat asyik apabila digunakan untuk ngebut kalau jalanan sedang lengang. Pengguna motor kymco Xciting 400i misalnya yang diusung dengan mesin 400 cc akan sangat tergiur untuk memacu motornya dengan kelajuan yang tinggi. Nah tapi kamu perlu ingat, bahwa menarik gas secara tiba-tiba demi menambah percepatan tidak boleh kamu lakukan. Ataupun sebaliknya, menurunkan kecepatan secara tiba-tiba juga tidak disarankan. Bagi pengendara yang bandel, melakukan hal tersebut akan membuat motor kymco kepunyaanmu umur mesinnya tidak terlalu panjang serta van belt akan cepat habis. Oleh karena itu kamu perlu mengendarainya dengan kecepatan yang konstan.

Menggunakan Bensin yang Menjadi Standar Motor Kymco

Menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan standar yang ditetapkan produsen resmi juga merupakan perawatan yang penting. Kalau kamu menggunakan motor kymco, maka kamu perlu mematuhi standar mereka terkait bahan bakar. Gunanya untuk menjaga performa motor kymco kepunyaanmu tetap handal. Motor kymco biasanya menggunakan bahan bakar dengan bilangan oktan batas minimalnya 92. Jangan menggunakan bahan bakar dengan bilangan oktan yang lebih rendah, selain performanya akan turun sistem pembakaran pada mesinnya juga akan terganggu dan menjadi pembakaran yang tidak sempurna.

Menggunakan Onderdil yang Orisinil

Karena dealer resmi motor kymco sudah kembali ke Indonesia, kamu tidak perlu repot dalam penggantian onderdil atau sparepart motor kymco-mu yang bermasalah dengan yang orisinil. Dengan sparepart yang orisinil akan semakin menjaga performa motor kymco punyamu tetap prima, nyaman, dan kuat. Nah selain bengkel resmi atau dealer resmi kamu juga bisa bergabung pada komunitas motor kymco yang ada di Indonesia untuk menambah pengetahuan terkait motor kymco dan memperluas network pertemananmu.

Mencuci Motor Kymco Secara Rutin

Selain  menjaga kebersihan mesin, membersihkan dengan cara mencuci motor juga penting. Karena body mulus dan kinclong pada motor kymco tidak akan kamu dapatkan kalau kamu jarang mencuci dan mengelap motormu dengan pelicin body motor. Apalagi dengan penggunaan yang intens, pasti debu-debu dan kotoran lain akan menempel pada body motor. Jika kamu hanya membersikannya dengan kemoceng, maka bisa jadi loh body motormu tergores dengan debu sehingga meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan kecuali dilakukan polish ulang.

Penutup

Nah itu dia 7 Perawatan Motor Kymco Kesayanganmu, Demi Performa Handal dan Siap Sedia Menemani Harimu. Mudah bukan? Managemen aktivitasmu dengan benar agar perawatan motor kymco kesayanganmu tidak ada yang terlewatkan. Bagi kamu yang belum memiliki motor kymco dan tertarik, coba deh berburu diberbagai online shop agar menemukan yang cocok secara harga, tampilan dan kualitas.

1 thought on “7 Perawatan Motor Kymco Kesayanganmu, Demi Performa Handal dan Siap Sedia Menemani Harimu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *