Tips Trik
Bagaimana Cara Bayar Lewat Ebilling Pajak Online?

Bagaimana Cara Bayar Lewat Ebilling Pajak Online?

Ebilling pajak online merupakan sebuah solusi bagi warga negara untuk menunaikan kewajibannya sebagai warga negara yang taat terhadap aturan pemerintah. Adanya eblling online tentunya proses pengurusan perpajakan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Berbeda dengan mereka yang bekerja dalam sebuah perusahaan, dimana segala urusan pajak karyawan telah menjadi usahan perusahaan secara general. Namun bagi kamu yang sedang mendirikan badan usaha jangan khawatir dengan kewajiban membayar pajak yang menjadi bebanmu. Karena kamu bisa melakukannya hanya dengan eblling pajak online tanpa perlu datang mengantri di kantor pajak.

Nah kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat ebilling pajak online yaa. Kegiatan ini bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun kamu harus membayar pajak, sehingga tak perlu takut telat membayar pajak usahamu ya.

Deskripsi Singkat Ebilling

Sudahkah kamu mengenal sistem ebilling pajak online? Ini merupakan perkembangan teknologi terbaru dalam dunia perpajakan. Dimana semua masyarakat yang mempunyai kewajiban membayar pajak akan termudahkan dan lebih sesuai dengan jaman sekarang.

Jika dahulunya dalam hal persoalan pajak kamu harus antre ketika datang ke kantor pajak, sekarang kamu bisa membayarnya dengan jarak jauh. Namun dalam proses pembayaran pajak ini kamu harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan untuk bisa membayar secara online.

Wajib Pajak Harus Punya ID Billing

Saat kamu hendak menggunakan ebilling pajak online maka kamu harus mengurus ID Billing terlebih dahulu. Nah jika kamu menggunakan aplikasi pajak online maka kamu akan bisa langsung meminta ID Billing lewat aplikasi tersebut. Dimana nantinya kamu akan dihubungkan dengan website Direktorat Jenderal Pajak secara online. Atau cara lain yang bisa kamu tempuh adalah datang ke kantor pajak, lewat teller, kantor pos, telepon dan sebagainya.

Jika kamu telah terhubung dengan website Direktorat Jenderal Pajak maka penuhi segala data yang mereka butuhkan agar kamu bisa memperoleh ID Billing. Permintaan ID Billing bisa kamu lakukan sebelum kamu membayar pajak dan bisa kamu lakukan kapanpun dan dimanapun secara simpel.  Namun apabila kamu masih bingung bagaimana melakukannya maka berikut ada sedikit panduan yang bisa kalian ikut dalam membuat ID Billing untuk ebilling pajak online.

1. Lewat DIrektorat Jenderal Pajak Online

Saat kamu ingin membuat ID Billing lewat akun DJP online secara langsung maka kamu harus mempunyai akunnya terlebih dahulu. Nah untuk bisa daftar akun DJP online kamu perlu datang ke Kantor Pelayanan Pajak guna mendapatkan nomor e-fin yang kamu butuhkan nanti ketika daftar akun DJP. Namun jika kamu sudah mempunyai akun DJP online maka tinggal melanjutkan saja ke website Direktorat Jenderal Pajak.

Apabila kamu sudah membuka websitenya maka masuklah memakai NPWP, sandi dan juga kode keamanan yang kamu peroleh di website tersebut. Kemudian kamu bisa langsung menuju ke menu Bayar dan memilih ebilling. Setelah itu akan muncul beberapa data yang perlu kamu lengkapi, diantaranya ada NPWP, nama serta alamat kamu sekarang. Kemudian kamu sudah langsung bisa membuat ID Billing. Nah kamu mungkin akan memerlukan kode keamanan sebelum melanjutkan proses tersebut dan lanjutkan dengan proses pencetakan  ID Billing tersebut.

2. Dapat ID Billing Tanpa Buat Akun di Direktorat Jenderal Pajak Online

Apabila kamu merasa membuat ID Billing dengan terlebih dulu membuat akun DJP online lebih rumit. Maka kamu bisa mencoba membuat ID Billing lewat sse3.pajak.go.id. Namun tentunya kamu harus membuat akun terlebih dahulu sebelum menggunakan website tersebut.

Jika sudah kamu bisa langsung masuk ke website tersebut dan melakukan pengisian data sebelum melanjutkan ke proses pembayaran pajak. Tentunya yang kamu butuhkan adalah nomor NPWP, pajak apa yang akan kamu bayarkan, periode yang kamu bayarkan, dan kamu juga perlu mengisikan data yang dibutuhkan secara benar. Barulah dari situ kamu bisa melanjutkan proses pembuatan ID Billing dan mencetaknya jika diperlukan.

Bagaimana menurut kalian, mudah bukan melakukan pembayaran menggunakan ebilling pajak online. Kamu hanya membutuhkan ID Billing sebelum membayar pajak yang menjadi tanggunganmu. Setelah membayarnya kamu pun akan mendapatkan bukti penerimaan elektronik yang bisa kamu setorkan sebagai bukti pembayaran pajak yang telah kamu lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *