Tips Trik
Macam-Macam Pipa SNI Pabrikan Rucika

Macam-Macam Pipa SNI Pabrikan Rucika

Pipa SNI seringkali kita temukan pada sistem perpipaan di rumah kita. Karena kebanyakan masyarakat di Indonesia lebih menaruh percaya pada produk yang mempunyai label standar SNI. Pipa SNI sendiri merupakan pipa berjenis PVC yang mana terbuat dari material uPVC dan menggunakan Standar Nasional Indonesia untuk memperjuangkan kualitas mutu pipanya. Secara umum pipa ini dipergunakan untuk pengaliran air yang bersih ke seluruh bagian rumah, kemudian dipergunakan juga oleh PDAM, lalu jika ada proyek besar, ada pembangunan real estate atau perumahan, bisa juga untuk pengairan diperkebunan dan bisa juga untuk menyalurkan limbah cair ke proses pembuangan atau pengolahan.

Alasan kenapa pipa SNI cenderung lebih menarik daripada pipa yang tidak diproduksi menggunakan standar SNI adalah pipa ini bisa masuk pada kategori pipa dengan pasaran internasional karena jaminan mutunya yang memang dipersiapkan untuk di dalam negeri dan luar negeri. Kemudian karakteristik pipanya yang tidak gampang retak maupun pecah. Selanjutnya memenuhi standar keamanan untuk dialiri air yang bersih bahkan air minum. Kamu pun tidak perlu dipusingkan dengan bagaimana memasangnya karena desain dari pipa yang berstandar SNI akan mudah di pasang serta mempunyai sifat yang awet dan juga lebih ringan. Dan standar ini juga mempertimbangkan produksi pipa yang bisa bertahan jika terpapar berbagai bahan kimia loh.

Jenis Penyambungan Pipa SNI

Rucika mengenalkan kita pada penyambungan pipa dengan standar SNI ada dua macam. Yang mana teknik penyambungannya didasarkan pada media yang digunakan untuk sambungan.

1.      Menggunakan Ring Karet

Sambungan yang pertama menggunakan bantuan ring karet, seringkali pipa yang akan disambungkan mempunyai diameter 63mm sampai 630mm. Sifat dari sambungan ini adalah tidak gampang bocor dan juga lebih mudah diatur atau fleksibel. Aplikasi dari pipa ini bisa kamu temukan pada pipa Rucika Lok dan juga pada PVC-O Rucika Exoplas. Yang mana pipa tersebut diperuntukkan bagi pengaliran air minum dan juga memungkinkan bagi air bersih dari PDAM. Selain dua pipa tadi ada juga Rucika Lite yang dipergunakan untuk menyalurkan limbah air kotor untuk diproses pengolahan maupun pembuangan.

2.      Menggunakan Chemical Joint atau Solvent Cement

Lebih mudahnya penyambungan dilakukan dengan bantuan lem yang berbahan dasar zat kimia resin PVC. Pipanya sendiri diproduksi dengan diameter 20mm sampai 160mm. Aplikasi dari sambungan ini bisa kamu terapkan pada Rucika Safe, yang khusus dipergunakan untuk saluran air bersih ataupun untuk air minum yang mempunyai tekanan.

Macam-Macam Kelebihan dari Produk Pipa SNI

Aplikasi pipa SNI sangat beraneka ragam, seperti yang telah disebukan di atas ada yang dinamakan dengan Rucika safe & lok, kemudian ada PVC-O Rucika Exoplas, lalu ada juga Rucika Lite. Berikut akan kita bahas keunggulan dari masing-masing pipa dengan standar SNI:

1.      Rucika jenis Safe & Lok Memenuhi Standar SNI

  • Terkenal dengan kualitasnya yang bisa memasuki pasar internasional.
  • Baik dan aman apabila mau kamu gunakan untuk keperluan mengalirkan air yang diminum.
  • Secara khusus Rucika mengembangkannya baik dari komponen fittingnya, kemudian lem atau solvent cement yang digunakan, serta pemilihan pelumas yang mana dibutuhkan saat kamu menyambungkan pipa
  • Diproduksi dengan uji mutu menggunakan standar ISO 9001:2008 dan juga 4422:1996, sedangkan standar SNI yang digunakan bernomor 06-0084- 2002 dan juga 06-135- 1989.

2.      Rucika jenis HDPE Black Memenuhi Standar SNI

  • Pipa ini mempunyai karakteristik yang mudah untuk proses pembengkokan (fleksibel), biasanya diperlukan pada pemasangan yang medannya cukup sulit.
  • Bisa dipergunakan pada lingkungan yang menggunakan bahan kimia, kemudian terkorosi, dan bahkan pada lingkungan yang memungkinkan adanya tabrakan antar benda.
  • Mempunyai massa yang ringan.
  • Tersedia dalam wujud yang variatif diantaranya gulungan, kemuadian ada yang batang.
  • Diproduksi dengan uji mutu menggunakan ISO 4427: 2007, kemudian standar SNI 06-4829:2-2012.

3.      Rucika jenis PVC-O Exoplas

  • Mempunyai karakteristik yang fleksibel atau lentur hingga 22 derajat tekuk, meskipun tanpa bantuan fitting pipa.
  • Dapat dibebani massa yang berat karena pipa ini kuat serta keras sehingga tidak pecah.
  • Pipa cenderung tipis tapi mampu mengalirkan debit yang besar.
  • Bermassa ringan sehingga akan mempermudah pemasangan dan membawanya.
  • Lulus uji mutu menggunakan standar ISO 16422:2014

4.      Rucika jenis PVC Lite

  • Pemasangan sambungannya menggunakan rubber ring sehingga lebih gampang.
  • Bermassa lebih ringan daripada pipa biasa.
  • Mempunyai karakteristik anti-korosi serta anti-abrasi.
  • Bisa bertahan pada lingkungan kimia seperti air limbah.
  • Diproduksi dengan uji kualitas mutu menggunakan ISO dan SNI diantaranya ISO 4435:1991, lalu SNI 06-0178- 1987 serta 06-0612- 1987.

Seluruh definisi diatas tentunya membuat kamu semakin dengan pipa SNI yang diproduksi oleh Rucika. Jika kamu tertarik dengan salah satu atau beberapa produk diatas kamu bisa berkunjung ke www.rucika.co.id yang mana terdapat katalog lengkap beserta spesifikasinya yang lengkap. Kamu pun berkesempatan berkonsultasi dengan customer service dari Rucika.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *