LifeStyle

Manfaat Sering Mengajak Anak Berkomunikasi

Sering mengajak anak berkomunikasi ternyata memiliki segudang manfaat lho moms. Pernah denger kan, saat moms sedang hamil dokter menyarankan lebih sering mengajak anak dalam kandungan untuk berbicara atau mengobrol. Didengarkan music yang slow, misalnya lantunan ayat suci Al qur’an. Itu membuat anak tenang dan akan merespon lho moms. Moms tau nggak sih apa aja Manfaat sering mengajak anak berkomunikasi.

Gausah bingung Moms, berikut ini ada beberapa Manfaat Sering Mengajak Anak Berkomunikasi :

Anak menjadi percaya diri

Saat kita mengajak anak berbicara atau memberikan pertanyaan padanya. Anak akan memaksa dirinya untuk menjawabnya entah itu dengan dua atau tiga kata. Anak yang awalnya pendiam lama-kelamaan akan humble dengan orang tua. Anak mulai percaya diri, misalnya disekolahan dia bisa menjawab pertanyaan dari guru dengan lancar tanpa ada rasa malu.

Meningkatkan kemampuan bahasa anak

Sering mengajak anak berkomunikasi di nilai dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak karena mereka harus  sering menggunakan otak dan fikiran mereka atau dengan kata lain lebih menantang otak mereka. Sehingga saat mereka diajak berbicara dengan orang lain, mereka jadi lebih cepat merespon pertanyaan mereka. Dan semakin banyak dan semakin sering kita berkomunikasi dengan anak, semakin banyak juga bahasa-bahasa baru yang anak kita dapatkan.

Eratnya ikatan emosional antara anak dengan orang tua

Beberapa pengalaman membuktikan bahwa orang tua yang sering meluangkan waktu untuk sering mengajak anak berkomunikasi akan memiliki ikatan emosional yang kuat. Kedekatan antara orang tua dan anak akan membentuk perilaku yang positif.

Membentuk perilaku anak yang lebih baik

Saat anak banyak berkomunikasi dengan orang tua. Mereka akan merasakan kehangatan dalam keluarga. Merasakan perhatian yang lebih sehingga mereka tak perlu lagi mencari perhatian diluar yang kebanyakan membuat perilaku tak baik terhadap orang tua.

Perubahan Pola Pikir

Perubahan pola piker pada anak juga akan terjadi saat kita sering mengajak anak berkomunikasi. Kebiasaan buruk anak yang takut untuk menceritakan masalahnya kepada orang tua kerap kali membuat mereka tertekan. Dan sebaliknya saat anak sering diajak berkomunikasi, mereka akan terbuka dengan kita. Menceritakan semua masalah yang anak dapatkan. Lalu kita dapat meresponnya dengan baik. Dari jawaban orang tua itulah dapat merubah pola piker anak yang sebelumnya penakut menjadi pemberani.

Penutup

Penjelasan diatas dirasa banyak sekali manfaatnya untuk para moms muda yang baru pertama kali memiliki momongan nih.  Nggak hanya diatas saja ya Moms, masih banyak sekali manfaat sering mengajak anak berkomunikasi. So semoga sedikit informasi ini bermanfaat buat para orang tua atau moms muda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *