Teknologi

Mengenal Fungsi SSL Indonesia untuk Keamanan Website

Dewasa ini, pengguna website di tanah air sudah berjumlah jutaan. Namun, tahukah kamu, hanya sedikit di antaranya yang mengenal SSL Indonesia. Padahal, fungsinya sangat penting sekali, yaitu menyangkut keamanan website bagi para pemiliknya.

Keamanan yang dimaksud yaitu, melindungi web dari serangan peretas. Dengan menggunakan SSL, data dan informasi penting dalam website akan aman dari pencurian.

Apa Itu SSL Indonesia? 

SSL sendiri merupakan singkatan dari Secure Socket Layer. Fungsinya yaitu untuk melindungi website dari serangan cyber crime. Sistem kerjanya yaitu membuat jalur terenkripsi antara website dan web browser. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan keamanan website tersebut.

Sistem ini bisa dikatakan mirip seperti pagar yang mengelilingi rumah. Dengan begitu, website yang kamu miliki, akan terlindungi dari serangan peretas yang tidak bertanggung jawab.

Keuntungan Menggunakan SSL Indonesia

Website saat ini sering digunakan untuk kepentingan suatu bisnis. Ada yang membuatnya untuk kebutuhan promosi, hingga berjualan. Bayangkan jika website bisnis milikmu diretas? Berapa besar kerugian bisnis yang mungkin kamu alami.

Itulah kenapa, kamu harus mulai mempertimbangkan pembuatan sebuah sistem keamanan. Tujuannya tentu saja agar website terlindungi. Dengan begitu, informasi dan data-data penting di dalamnya, tidak akan dicuri oleh peretas.

Fungsi Utama SSL

Pada dasarnya, SSL memiliki 2 fungsi fundamental. Setiap pemilik website, wajib mengetahuinya. Adapun fungsinya yaitu:

1.Melindungi Website dari Peretasan

Fungsi utamanya, sudah kami jelaskan di atas, yaitu melindungi website milikmu. SSL akan memberikan perlindungan ekstra. Dengan begitu, website akan terhindar dari pencurian data maupun informasi penting yang ada di dalamnya.

Semua data-data penting yang ada pada website, sepenuhnya akan dilindungi oleh SSL. Dengan begitu, Anda akan merasa aman dan terlindungi.

2.Semua Data Akan Terenkripsi

SSL sendiri merupakan sebuah jalur antara website milikmu, dan web browser. Kedua jalur ini biasanya sangat rentan sekali terhadap peretasan, atau pencurian data. Nah, jika data-data website tidak dienkripsi, maka website yang kamu kelola mudah untuk disadap.

Website yang sudah dipasang SSL, maka akan sulit untuk diambil dan diterjemahkan oleh orang lain. Hal tersebut dikarenakan, informasi atau data yang sudah menggunakan SSL, akan berbentuk kode yang sulit dibaca.

Jenis-Jenis dan Cara Pemasangan

Saat ini, SSL memiliki banyak sekali jenisnya. Ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Jika ingin keamanan yang jauh lebih bagus, sebaiknya pilih yang berbayar atau premium saja. Karena, layanan berbayar memiliki sistem keamanan yang lebih baik dengan layanan terbaik.

Namun, sebelum menggunakan atau membelinya, pastikan kamu memiliki kendali penuh atas website terkait. Pasalnya, proses pemasangan akan lebih mudah jika dilakukan pada cPanel.

Proses pemasangan Secure Socket Layer yaitu melalui proses instalasi. Proses pemasangan langsung dilakukan di cPanel Hosting. Silahkan Anda cari menu SSL pada cPanel untuk mulai proses pemasangan.

Bagi Anda yang bingung menggunakannya, Anda bisa mempercayakannya pada Dewaweb. Tersedia SSL Grade A bergaransi. Semua cloud Dewaweb, sudah diamankan sesuai standar terbaik dari SSL Labs.

Selain itu, Dewaweb juga merupakan provider cloud hosting dan SSL berkredibilitas di Indonesia.

Kesimpulan

Dewasa ini, keamanan sebuah website harus menjadi prioritas. Pasalnya, website sudah sering digunakan untuk berbisnis, dan portal layanan sebuah perusahaan maupun lembaga pemerintah. Salah satu cara untuk melindunginya, yaitu dengan memasang SSL.

Demikian informasi seputar SSL Indonesia yang berfungsi sebagai enkripsi yang mengamankan data/informasi website. Apakah website kamu masih belum menggunakannya? Yuk, segera pasang demi keamanan data dan informasi berharga milikmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *