Teknologi
Speaker Sering Berdengung ? Kenali 4 Penyebabnya di Sini

Speaker Sering Berdengung ? Kenali 4 Penyebabnya di Sini

Ketika mengadakan sebuah acara dengan penggunaan sound system, tentu akan sangat tidak menyenangkan bila speaker tiba tiba berdengung. Pasalnya speaker adalah salah satu faktor lancarnya acara, terlebih pada acara musik. Padahal anda telah menggunakan speaker terbaik dari toko jual sound system, lantas mengapa speaker berdengung ? Kenali penyebabnya berikut.

Penyebab Speaker Aktif Berdengung

  1. Tone Control

Apabila terjadi dengung pada speaker, coba periksa bagian tone controlnya. Tone control ini merupakan komponen yang sangat berperan dalam hal gangguan dengung, pasalnya di sini audio sering mengalami gangguan pada bagian bass. Apabila speaker aktif yang anda gunakan belum menggroundkan body potensio, maka anda perlu untuk menggroundkannya terlebih dahulu.

Caranya mudah, anda harus menghubungkan semua body potensio yang ada dengan ground. Selain potensio, ada juga elco pada bagian filter penyuplai tone contrl. Biasanya bagian elco tersebut melambung, sehingga mengakibatkan pemfilteran arus DC yang kurang sempurna. Karena elco sangat penting, ganti sesuai dengan ukuran originalnya.

  1. Kabel Input

Jika speaker aktif yang anda gunakan merupakan perangkat terbaik dari toko jual sound system, namun speaker tersebut masih mendengung. Maka coba cek bagian kabel inputnya, bagian ini perlu anda teliti apabila terjadi masalah pada speaker. Peran dari kabel input sendiri yaitu menyalurkan sinyal dari sumber input. Jadi bila kabel rusak, tentu suara juga akan bermasalah.

Kabel input yang baik digunakan untuk input audio adalah kabel yang mempunyai serabut tembaga, yang telah dilindungi oleh ground. Apabila kabel ini bermasalah maka ketika anda menyentuh bagian isolatornya, maka dengung akan langsung terjadi. Kabel ini sangat rawan terhadap gangguan frekuensi yang liar, sehingga input nantinya tidak akan disalurkan dengan baik.

  1. Blog Amplifier

Yang bisa menyebabkan speaker aktif mendengung selanjutnya yaitu terjadi masalah pada bagian blog amplifiernya. Jika suara speaker menghasilkan dengung lebih keras daripada input, atau bahkan hanya dengung keras yang tidak ada respon ketika diberi input. Maka dipastikan bagian blog amplifier lah yang sedang mengalami masalah.

  1. Power Supply

Terakhir ada power supply yang bisa membuat speaker anda mendengung. Masalah ini banyak terjadi pada speaker yang belum menggunakan rangkaian SMPS, dan masih menggunakan trafo konvensional. Jadi sebaiknya ketika membeli di toko jual sound system, lebih baik anda memilih speaker aktif yang telah menggunakan rangkaian SMPS.

Selain trafo, ada juga elco dan dioda yang memiliki fungsi yaitu mengubah arus AC ke DC. Bagian bagian tersebut, terutama elco, sangat mempengaruhi gangguan audio. Beberapa orang ada yang pernah mengganti elco dengan ukuran yang lebih besar, namun dengung yang timbul malah semakin besar. Namun ada juga yang diganti dengan elco lebih besar membuat dengung menghilang.

Penyebab dari dengung pada speaker aktif ini memang sangat beragam, sehingga anda harus mengeceknya satu persatu sebelum acara dimulai. Selain itu pembelian produk speaker yang kualitasnya terjamin seperti di Goshen Swara Indonesia, tentu akan membuat risiko speaker bermasalah akan semakin kecil. Terlebih Goshen menawarkan harga terjangkau pada setiap produknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *